Lamtoro Mineral Block Suplement – Teknologi Pengolahan Pakan Ternak Berbasis Bahan Pakan Lokal

Teknologi Pengolahan Pakan Ternak Berbasis Bahan Pakan Lokal menjadi Lamtoro Mineral Block Suplement
Dalam rangka peningkatan keterampilan dan pengetahuan siswa/I peserta praktek kerja lapangan di Instalasi Sumlili, UPTD Pembibitan Ternak dan Produksi Pakan Ternak melalui Seksi Produksi dan Pengembangan Pakan Ternak melaksanakan demo pembuatan pakan suplement lamtoro mineral block bersama peserta PKL dari SMKN Kualin, SMKN 1 Amabi Oefeto Timur, dan SMKN 2 Oematnunu pada hari Rabu 11 September 2024.

Ketersediaan bahan pakan lokal di NTT seperti lamtoro taramba dan gula lontar menjadi sumber pakan yang dapat diolah menjadi pakan berkualitas bagi ternak ruminansia. Lamtoro Mineral Blok Suplement merupakan pakan suplement dalam bentuk padat yang kaya akan mineral dan vitamin untuk memperbaiki nutrisi ternak ruminansia. Komposisi penyusun lamtoro Mineral Block Suplement terdiri atas tepung lamtoro (35%), dedak/konsentrat (23%), gula lontar (10%), garam (10%), mineral (10%), tepung tapioka (10%), urea (2%).

Cara Pembuatan Lamtoro Mineral Block:
• Persiapan bahan : tepung lamtoro (35%), dedak/konsentrat (23%), gula lontar (10%), garam (10%), mineral (10%), tepung tapioka (10%), urea (2%)
• Pembuatan larutan : melarutkan garam, urea, dan gula lontar kedalam air bersih yang sudah disiapkan ± 30% dari total bahan
• Pencampuran bahan : mencampur tepung lamtoro, konsentrat, mineral, tepung tapioka, lalu tuang sedikit demi sedikit larutan kedalam campuran bahan
• Pencetakan : mengisi adonan bahan kedalam cetakan dan dipadatkan
• Pengeringan : Lamtoro Mineral Block Suplement yang telah dicetak, dikeringanginkan dibawah sinar matahari selama 2-3 hari (sampai kering) agar tidak berjamur.

Lamtoro Mineral Blok Suplement bermanfaat dalam memperbaiki nilai nutrisi dan kecernaan pakan, meningkatkan nafsu makan ternak, dan memenuhi kebutuhan mineral bagi ternak agar tidak terjadi defisiensi mineral.

Lamtoro Mineral Block Suplemet dapat diberikan kepada ternak sapi/kerbau yang berumur > 1 tahun dengan pemberian sebanyak 200-250 Gram/ekor, sedangkan untuk ternak kambing/domba yang berumur > 6 bulan, dapat diberikan sebanyak 100 Gram/ekor. Lamtoro Mineral Block Suplement diberikan pada ternak ruminansia dengan cara digantung setinggi kepala ternak agar hanya dijilat bukan untuk digigit oleh ternak.

Ingin ternak anda berproduksi optimal dan sehat? Ayo, siapkan Lamtoro Mineral Block Suplement untuk ternak anda. Pengolahannya mudah, tidak membutuhkan biaya mahal, bahan – bahannya tersedia sepanjang tahun. Mari tingkatkan pengetahuan dan keterampilan mengolah pakan dengan memanfaatkan bahan pakan lokal. (Ecy)

Galeri Kegiatan :

Proses pembuatan mineral block
Proses pembuatan mineral block
Proses pembuatan mineral block
Proses pembuatan mineral block
Hasil akhir pembuatan mineral block

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *