Teknologi Peternakan

Sub sektor peternakan memegang peranan penting dalam mendongkrak perekonomian Indonesia. Oleh karenanya, perlu upaya pembangunan di sektor peternakan agar perekonomian Indonesia bisa tumbuh cepat. Dalam jaman modern ini pembangunan peternakan menggunakan teknologi sudah harus dilakukan dan tidak bisa dikesampingkan lagi. Apalagi di era digital seperti saat ini yang hampir semua sektor mengusung revolusi industri 4.0 (industri digital).
Melalui teknologi dipastikan produktivitas dari peternakan akan semakin meningkat. Selain itu, lewat teknologi juga akan mendorong terciptanya inovasi-inovasi yang bisa digunakan untuk masa saat ini maupun masa akan datang. Selain itu, lewat teknologi juga, tenaga kerja di sektor peternakan akan semakin meningkat kapasitas dan kemampuannya, sehingga produktivitas angkatan kerja disektor peternakan juga bisa meningkat.
Teknologi sangat berperan penting dalam membantu peningkatan output per satu satuan tenaga kerja. Melalui inovasi dan teknologi, produktivitas tenaga kerja akan mengalami peningkatan. Upaya awal adalah menggeser pola pemeliharaan sapi perorangan ke arah kelompok dengan pola perkandangan koloni sehingga memenuhi skala ekonomi.
Lalu yang kedua adalah pengembangan pola integrasi ternak tanaman, misalnya integrasi sapi-sawit, sapi-tebu. Ketiga adalah pengembangan padang penggembalaan, optimalisasi lahan kawasan ranch atau padang penggembalaan dan yang terakhir Fasilitasi Asuransi Usaha Ternak Sapi (AUTS). admin